1. INTERNET
- Pengertian Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,
dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis
hingga yang dinamis dan interaktif.
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,
dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis
hingga yang dinamis dan interaktif.
- Sejarah internet
Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S.
Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk
mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer
ehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama
ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu
ama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan
etahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung
menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang
penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET
mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College diLondon
merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan
Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob
Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun
emudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk
ebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France
Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana
orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982
dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita
enal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dannewsgroup
USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain
Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi
1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan
melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan
IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000
komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling
bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui
sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun
1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama
kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di
tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator
1.0.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S.
Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk
mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer
ehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama
ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu
ama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan
etahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung
menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang
penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET
mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College diLondon
merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan
Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob
Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun
emudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk
ebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France
Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana
orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982
dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita
enal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dannewsgroup
USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain
Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi
1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan
melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan
IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000
komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling
bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui
sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun
1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama
kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di
tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator
1.0.
2. BLOG
· Pengertian
Blog
Blog adalah kependekan dari
weblog,istilah yang pertama kali di gunakan oleh Jorn Borger pada bulan
Desember1997.Secara garis besar,weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan webside
pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada
web dengan mudah,seperti karya tulis,kumpulan link
internet,document-dokument,gambar atau pun multimedia.
Perkembangan lain dari blog yaitu ketika blog
membuat tulisan tentang apa seseorang bloger pikirkan,rasakan,hingga apa yang
dia lakukan sehari-hari.blog kemudian juga menjadi diary Online yang berada di
internet.satu-satunya hal yang membedakan blog dari diary atau jurnal yang kita
miliki adalah bahwa blog di buat untuk di baca orang lain.
Blog adalah situs pribadi. Berbeda dg website
yg setiap memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp,
dll, blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tsb. Sehingga karena sudah
diotomatisasi, maka kita-kita semua yg lugu teknologi menjadi ostosmastis dapat
memposting apa yg kita inginkan persis seperti kita memposting email ke teman
atau ke milis.
Dan karena kemudahan inilah, maka semua orang yg tahu internet dapat membuat blog atau situs pribadi; sama halnya dg memiliki email. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi: mulai dari pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar klewer, cewek-cewek "ramah" di pasar senggol, sampai profesor dan menteri-menteri.
Sejarah Blogger
Dan karena kemudahan inilah, maka semua orang yg tahu internet dapat membuat blog atau situs pribadi; sama halnya dg memiliki email. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi: mulai dari pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar klewer, cewek-cewek "ramah" di pasar senggol, sampai profesor dan menteri-menteri.
Sejarah Blogger
Blogger
dimulai oleh sebuah perusahaan sangat kecil di San Fransisco yang bernama Pyra
Labs pada bulan Agustus 1999. Terjadi di tengah-tengah booming dot-com. Tetapi
kami bukan jenis perusahaan yang didanai oleh VC, suka berpesta, dan
berhura-hura, ataupun minum bir. (Kecuali bir gratis.)
Kami
tiga sekawan, didanai dengan melakukan kontrak proyek web yang mengesalkan untu
kperusahaan besar, berusaha mencari jalan masuk yang megah ke dunia Internet.
Apa yang
dulu
kami coba lakukan tidak ada hubungannya lagi sekarang. Tapi dulku ketika
melakukan itu, kami menciptakan Blogger, hanya iseng saja, dan kami berpikir —
Hmmmm... ini sepertinya menarik.
Blogger
dimulai, dengan cara sederhana, dan akhirnya membesar, selama beberapa tahun.
Kami telah mendapatkan sedikit uang (tapi masih kecil). Kemudian keruntuhan
dot-com terjadi, dan kamipun kehabisan uang, dan kesenangan kecil dalam
perjalanan kami semakin tidak menyangkan lagi. Kami hampir tidak selamat, tidak
utuh, tapi masih bisa mempertahankan layanan tetap berjalan sepanjang waktu
(biasanya) dan mulai membangunnya kembali.
· Cara Membuat Blog
Seperti halnya email, buat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yg paling populer adalah http://www.blogger.com. Bagi Anda yg sudah agak melek-huruf teknologi bisa juga buat account di http://www.wordpress.com dan http://blogsome.com. Selain yg dua ini masih banyak penyedia blog gratis yg bisa Anda ketahui kemudian. Ikuti pentunjuk step-by-step ketika mendaftar.
Setelah selesai register/sign-up di http://blogger.com, anda dapat mulai memposting/mempublish apapun yg Anda inginkan di blog: mulai dari curhat, puisi, cerpen, tulisan serius sampai yg canda.
CARA MEMBUAT BLOG DI BLOGGER
Seperti halnya email, buat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yg paling populer adalah http://www.blogger.com. Bagi Anda yg sudah agak melek-huruf teknologi bisa juga buat account di http://www.wordpress.com dan http://blogsome.com. Selain yg dua ini masih banyak penyedia blog gratis yg bisa Anda ketahui kemudian. Ikuti pentunjuk step-by-step ketika mendaftar.
Setelah selesai register/sign-up di http://blogger.com, anda dapat mulai memposting/mempublish apapun yg Anda inginkan di blog: mulai dari curhat, puisi, cerpen, tulisan serius sampai yg canda.
CARA MEMBUAT BLOG DI BLOGGER
Membuat blog di blogger.com sangatlah
mudah.
Sekarang saya akan tunjukan cara untuk membuat sebuah account baru di blogger.com, yang 100% gratis. Saya merekomendasikan anda untuk membuat blog di blogger.com karena program ini sangat didukung penuh oleh google, sehingga apabila kita membuat blog disini maka google akan cepat mengindeks blog kita. Alhasil blog kita akan muncul dihalaman pencari google.
Sekarang saya akan tunjukan cara untuk membuat sebuah account baru di blogger.com, yang 100% gratis. Saya merekomendasikan anda untuk membuat blog di blogger.com karena program ini sangat didukung penuh oleh google, sehingga apabila kita membuat blog disini maka google akan cepat mengindeks blog kita. Alhasil blog kita akan muncul dihalaman pencari google.
- LANGKAH KE-1 (GETTING STARTED)
Silahkan
anda kunjungi website www2.blogger.com
- LANGKAH KE-2 (CREATE AN ACCOUNT)
Setelah page terbuka, silahkan anda
klik CREATE AN ACCOUNTsetelah anda klik, maka akan muncul form untuk
mengisikan nama dan password. Silahkan isi dan anda harus selalu
ingat username dan password yang anda isikan.
Jangan lupa untuk menceklist Term
of service agreement.
Kemudian klik tombol panah "Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-3
Kemudian klik tombol panah "Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-3
- LANGKAH KE-3 (NAME YOUR BLOG)
Bagian ini sangat penting, karena nama dari
blog anda nantinya akan menjadi sebuah keyword.
TIPS: agar blog anda mudah terindex oleh search engine(mesin pencari), maka alangkah lebih bagusnya jika anda membuat sebuah kesamaan antara addres dan name dari blog anda!
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-4
TIPS: agar blog anda mudah terindex oleh search engine(mesin pencari), maka alangkah lebih bagusnya jika anda membuat sebuah kesamaan antara addres dan name dari blog anda!
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-4
- LANGKAH KE-4 (CHOOSE YOUR BLOG TEMLATE)
Sekarang anda haya tinggal selangkah lagi
untuk mempunyai webblog buatan sendiri!!!
Disini anda ditujukan untuk memilih warna dan bentuk dari web anda. Silahkan pilih sesuai dengan topic dan selera anda.
OK jika anda sudah selesai memilih template, sekarang kita akan lanjut ke langkah berikutnya.
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-5
Disini anda ditujukan untuk memilih warna dan bentuk dari web anda. Silahkan pilih sesuai dengan topic dan selera anda.
OK jika anda sudah selesai memilih template, sekarang kita akan lanjut ke langkah berikutnya.
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-5
- LANGKAH KE-5 (GENERATE YOUR BLOG)
a. Sekarang blogger akan menciptakan blog anda.
Setelah blog selesai dibuat, maka di browser anda akan ada tulisan "Your
Blog Has Beeb Created" Klik start Posting untuk untuk membuat
artikel/tulisan pertamamu.
3. EMAIL
a. Sejarah E-mail
a. Sejarah E-mail
E-mail sejauh ini merupakan aplikasi paling
populer di internet. Hampir semua orang, khususnya pengguna internet,
menggunakan fasilitas tersebut.
Dimulai pada tahun 1968, di sebuah perusahaan
yang bernama Bolt Beranek and Newman (BBN). Perusahaan tersebut di sewa oleh
Departemen Pertahanan Amerika Serikat, untuk membuat sesuatu yang disebut
sebagai ARPANET, yang sekarang ini dikenal sebagai internet. ARPANET sendiri
adalah kependekan dari Advanced Research Projects Agency Network. Tujuan dari
perusahaan ini adalah untuk membuat sebuah metode komunikasi yang diterapkan di
dunia militer dan institusi pendidikan, agar masing-masing dari mereka bisa
saling berkomunikasi.
Pada tahun 1971, seorang pakar teknik bernama
Ray Tomlinson yang menandatangani proyek yang disebut SNDMSG. Proyek tersebuat
bukanlah sebuah program baru, karena kenyataannya sudah ada selama
bertahun-tahun, bahkan saat itupun sudah dianggap primitif. Maksud dan
tujuannya adalah agar antar pengguna mesin yang sama, memungkinkan untuk bisa
saling berkirim pesan. Mereka bisa membuat file teks yang
kemudian dikirim ke kotak surat (mailbox) pada mesin yang sama.
Sebuah mailbox surat hanya
berisi file teks. Pada filetersebut dapat
ditambahkan data, tetapi tidak menghapus atau mengubahnya. Nama mailbox-nya
tak lain adalah nama dari fileteks itu sendiri.
Ray menyanggupi untuk membuat aplikasi sederhana
ini lebih banyak lagi. Saat selesai, ia tengah mengerjakan sesuatu yang diberi
nama CYPNET, yaitu bertujuan untuk mentransfer fileantar komputer
dalam ARPANET. Ide tersebut terpikir bahwa CYPNET bisa menambah materi ke file mailbox sebagai
SNDMSG. Maka, Ray pun memodifikasi CYPNET agar memiliki kemampuan tersebut.
Setelah itu, Ray membuat keputusan yang
seolah mengubah sejarah, dengan menciptakan format untuk alamat e-mail.
Dia menetapkan tanda @ (baca : et) dan nama node mesin,
sebagaimana nama pada mailbox. Dia gunakan tanda tersebut karena
ada semacam sentuhan tersendiri, dan untuk menunjukkan kepada penggunanya
berada di rumah yang sangat luas, lebih dari sekedar lokal.
Ray lalu mencoba mengirim pesan ke dirinya
sendiri. Dane-mail pertama telah berhasil antara dua node PDP-10
dari jaringan ARPANET, tanpa adanya upacara peluncuran. Sejarah telah
dibuatnya.
Berkembang Pesat
Sejak saat itu, pengguna e-mail tumbuh
dengan cepatnya. Kenyataan membuktikan bahwa sekitar dua tahun kemudian, 75%
dari seluruh traffic ARPANET berisi e-mail.
Satu dari generasi awal program e-mail besar
yang banyak digunakan secara luas oleh umum adalah Eudora. E-mail
clientpertama kali ini ditulis oleh Steve Dorner pada 1988. Saat itu dia
bekerja di Unuversitas Illinois di Urbana-Champaign. Dan nama Eudora diambil
dari seorang pengarang Amerika yang sudah meninggal, Eudora Welty.
Eudora adalah e-mail client pertama
yang menyediakan tampilan grafik. Pertama kali muncul, bisa digunakan secara
gratis. Tetapi setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi
produk yang komersial.
Seperti kebanyakan aplikasi di web,
Selama bertahun-tahun Eudora merajai, tetapi dengan cepat digeser oleh
kedatangan e-mail client baru dari Netscape dan Internet
Explorer. Kedua e-mail client baru tersebut menjadi sangat
populer, bukan lantaran lebih baik dari Eudora, melainkan karena disediakan
secara cuma-cuma oleh browser web-nya.
Dan berdasarkan data yang dulu pernah
dilaporkan oleh Forrester Research, bahwa lebih dari setengah penduduk Amerika
menggunakan e-mail rata-rata setengah jam per harinya. Badan
peneliti tersebut mengklaim, 87 juta penduduk Amerika adalah pengguna e-mail yang
aktif.
Persaingan ketat
Pada tahun 1995, perusahaan web yang
tidak didukung apapun kecuali dari penjualan iklan, tetap masih bisa bertahan.
Dan jumlah traffiic sangat berpengaruh pada penjualan iklan
tersebut.
Untuk menarik perhatian dari para pengiklan,
bagaimana pun, perusahaan-perusahaan web mail tersebut harus
menarik kritik-kritik dari para pengguna. Dan waktunya cukup tepat : permintaan
yang tinggi untuk e-mail account pribadi, upaya
nekat untuk mengakses e-mail dari kantor, dan ketertarikan
dengan kesederhanaan sistem, maka orang dengan senang hati akan menyisihkan
waktunya untuk mengisi lembaran isian registrasionline, untuk mengamankan e-mail gratis
mereka.
Dan lagi-lagi berdasarkan Forrester Research,
pada pertengahan 1997, sekitar setahun setelah diperkenalkannya web
mail gratisan, jumlah total pendaftarnya mencapai angka 10 juta.
Kate Delhagen dari Forrester mengungkapkan,
memang terbukti jika di depan jutaan pengguna web, yang harus
ditawarkan adalah sesuatu yang gratis, karena bagaimana pun keuntungan tetap
akan diraih.
Segala sesuatu hampir berjalan sesuai yang
direncanakan. Jumlah pendaftar meledak, infrastruktur web berkembang,
dan modal pinjaman terus mengalir. Tetapi sumber penghasilan seolah tidak mau
kompromi.
Para pengiklan meragukan e-mail sebagai
tempat mereka, karena perhatian para pengguna e-mail hanya
tertuju pada pesan-pesannya saja, bukan pada iklan. Maka, dari sinilah mulai
adanya pemikiran untuk membuat spam (junk e-mail)
sebagai marketing tool, yang menodai reputasi e-mail.
Belum ada setahun setelah terjadi guncangan
terhadap bisnis mereka, perusahaan-perusahaan e-mail gratisan
melakukan valuasi besar-besaran. Yahoo! membeli sebanyak satu juta pelanggan
Fourl 1 senilai US$ 93 juta pada Oktober 1997. Microsoft membeli 9 juta
pelanggan Hotmail senilai US$ 400 juta, dan Lycos membayar senilai US$ 133 juta
untuk sejumlah 10,6 juta pelanggan WhoWhere.
Pergerakan
dari perusahaan yang telah mantap untuk menawarkan web mail gratisan
menjadi kabar buruk. Pelopor layanan online, Juno, meluncurkan
versi web dari layanan e-mailgratisannya. Bahkan
Qualcomm pun mengeluarkan versi web mailgratisan dari software Eudora
pada Desember 1997.
Anatomi
Alamat Email
Alamat email terdiri dari dua bagian yang dipisahkan
dengan tanda axon / @.
Misalnya
alamat: yandri@yahoo.com
Di sebelah kiri @ disebut user name (yandri), yang
menunjuk pada identitas si pemilik alamat email. User name bisa merupakan nama
si pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. User name juga
menjadi nama bagi emailbox yang dimiliki seseorang di sebuah mail server.
Di sebelah kanan @ (yahoo.com) disebut domain name, yang
menunjukkan identitas mail server di mana seorang user memiliki emailbox.
Domain
name biasanya menunjukkan nama perusahaan atau organisasi pemilik sebuah
account. Misalnya :
- liputan6@sctv.co.id (crew acara Liputan6 di SCTV)
- ylbhi@ylbhi.org (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum
Indonesia)
- kompas@kompas.com (Surat Kabar Harian Kompas) Selain
itu, dari bagian paling belakang dari sebuah email kita bisa memperoleh
beberapa dugaan mengenai pemiliknya.
- .com, biasanya ini dimiliki oleh perusahaan komersial
atau usaha bisnis lainnya
- .edu, biasanya menunjukkan bahwa pemiliknya adalah
sebuah universitas atau institusi pendidikan
- .gov, dimiliki oleh instansi pemerintah
- .mil, dimiliki instansi militer Sama halnya dengan
surat biasa (snail mail) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai
ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang tersambung
ke internet sebuah email masuk ke beberapa komputer lain di sepanjang jaringan
internet. Komputer-komputer itu disebut dengan email server. Ketika email
tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan (seperti yang ditunjuk pada
alamat email – kepada siapa kita menulis email) email tersebut disimpan pada
sebuah emailbox. Si pemilik alamat email baru bisa mendapatkan email itu kalau
yang bersangkutan mengecek emailbox-nya. Jadi, tidak benar kalau dibayangkan
bahwa untuk bisa menerima email kita harus terhubung terus menerus dengan
internet. Untuk bisa menerima email kita mesti memiliki sebuah account pada
suatu email server, yang tentu berada pada sebuah ISP (Internet Service
Provider). Ini sama dengan bila kita memiliki alamat rumah kita. Hanya bedanya,
bila pada snail mail kita hanya bisa menerima surat manakala kita berada di
alamat kita, sedangkan pada email, kita bisa menerimanya di mana saja kita
berada. Misalnya saya bisa mengecek email-email yang datang ke alamat email
saya yahoo.com - yang normal-nya
saya
buka di Bekasi, ketika saya sedang berada di Surabaya atau di Amerika
sekalipun. Bagaimana hal ini bisa dijelaskan ? Hal itu bisa dilakukan karena
bila kita bisa mengkontak sebuah email server di mana kita punya account email,
maka kita bisa mengambil / men-download semua email yang ditujukan kepada
alamat email yang kita miliki. Untuk itu kita mesti memperhatikan protokol
penerimaan dan pengiriman email. Protokol di sini maksudnya adalah sebuah
prosedur standard untuk mengatur transmisi data di antara komputer-komputer.
Untuk pengiriman, protokolnya adalah SMTP, singkatan dari Simple Mail Transfer
Protocol; untuk penerimaan, protokolnya adalah POP singkatan dari Post Office
Protocol. Setiap email server memiliki SMTP dan POP yang berbeda-beda. Bila
kita bisa menguasai cara mengontak SMTP dan POP dari lokasi yang berbeda,
sebenarnya ini bisa mengatasi masalah kepemilikan komputer dan koneksi
internet. Bila kita tidak memiliki sendiri komputer dan koneksi ke internet,
kita masih bisa men-download email yang ditujukan kepada alamat email kita.
Alternatif untuk itu misalnya (1) menggunakan email client yang mampu menangani
lebih dari satu account (multiple account) - bisa saja kita nebeng komputer
teman atau komputer kampus; atau (2) mendownload email di cybercafe atau
rental-rental komputer yang kini bertebaran di mana-mana.
Perkembangan
Email
Mulai tahun 1980-an email sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum, baik itu email gratisan maupun yang berbayar. Saat ini banyak email berbasis web yang diberikan secara cuma-cuma oleh Telkom, Yahoo!, Google, MSN, dll. Kapasitasnya pun bervariasi mulai dari 100 mb sampai yang tak terbatas.
Akibatnya, kini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya karena masyarakat lebih memilih email sebagai media penyampai pesannya.
Mulai tahun 1980-an email sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum, baik itu email gratisan maupun yang berbayar. Saat ini banyak email berbasis web yang diberikan secara cuma-cuma oleh Telkom, Yahoo!, Google, MSN, dll. Kapasitasnya pun bervariasi mulai dari 100 mb sampai yang tak terbatas.
Akibatnya, kini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya karena masyarakat lebih memilih email sebagai media penyampai pesannya.
c. Sejarah
Lambang Email
Kita tentu sudah sangat
familiar dengan penggunaan internet, terutama email. Memang, teknologi ini
sangat membantu dalam banyak hal. Betapa tidak, dokumen-dokumen penting yang
dulu jika dikirimkan dengan cara konvensional bisa memakan waktu berhari-hari,
dengan email hanya butuh beberapa menit, bahkan detik!
Teknologi email kini juga tak hanya bisa mengirimkan data berupa dokumen dan foto. Bahkan, file-file berukuran besar berisi hal penting, mulai dari film hingga berbagai catatan penting lain juga bisa dikirim via email. Tak heran, email kini menjadi salah satu teknologi andalan untuk berbagai kepentingan. Tentu, kita juga tak bisa menafikan beberapa hal negatif karena email, seperti spam dan junk mail alias email sampah yang tak kita butuhkan.
Lepas dari semua sensasi dan kemudahan dari penggunaan email, tahukah Anda jika ada satu huruf penentu dalam email yang sangat penting? Yah, pasti Anda mengenal tanda huruf @ atau sering dilafalkan dengan kata "at". Tanpa menggunakan huruf @, alamat email yang kita tuju bisa jadi tak kan sampai pada sasaran.
Tapi, tahukah Anda jika sang penemu lambang itu, justru tidak membayangkan jika huruf @ itu akan menjadi ikon penting dalam dunia teknologi internet secara keseluruhan. Adalah Ray Tomlison, seorang insinyur pendiam yang menemukan lambang tersebut. Ia bekerja pada sebuah organisasi bernama BBN. Di perusahaan itulah, pada tahun 1972, Ray berhasil menjadi orang pertama yang sukses mengirimkan email pertama antara dua mesin. Tentu, pada masa itu, Ray belum berpikir bahwa email yang diciptakannya akan menjadi salah satu penemuanpenting di dunia.
Karena itu, ia pun tak perlu bersusah-susah saat memilih pungtuasi alias tanda yang dibutuhkan sebagai kode untuk pengiriman email tersebut. Maka, Ray mengaku dirinya tak berpikir panjang untuk memilih lambang @ saat itu. ""Karena saya yang pertama [menemukan], jadi saya bisa leluasa memilih pungtuasi yang saya inginkan. Saya memilih lambang @ karena lambang ini, lumayan membantu, sebab mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju," sebut Ray dalam sebuah catatan yang ditulis Katie Hafner dan Matthew Lyon dalam bukunya: Where Wizards Stay Up Late: The Origins of the Internet.
Apapun alasan yang disebut Ray, yang jelas, lambang @ saat ini telah menjadi lambang yang sangat penting dalam dunia internet. Dan, lebih jauh dari itu, lambang itu kini bisa jadi adalah lambang yang telah mengubah peta teknologi dunia secara umumnya. Jadi, jangan anggap remeh penemuan yang Anda lakukan, bisa jadi, suatu saat kelak, apapun bentuk penemuan itu, asal berguna bagi orang lain, akan berguna juga bagi dunia.
Teknologi email kini juga tak hanya bisa mengirimkan data berupa dokumen dan foto. Bahkan, file-file berukuran besar berisi hal penting, mulai dari film hingga berbagai catatan penting lain juga bisa dikirim via email. Tak heran, email kini menjadi salah satu teknologi andalan untuk berbagai kepentingan. Tentu, kita juga tak bisa menafikan beberapa hal negatif karena email, seperti spam dan junk mail alias email sampah yang tak kita butuhkan.
Lepas dari semua sensasi dan kemudahan dari penggunaan email, tahukah Anda jika ada satu huruf penentu dalam email yang sangat penting? Yah, pasti Anda mengenal tanda huruf @ atau sering dilafalkan dengan kata "at". Tanpa menggunakan huruf @, alamat email yang kita tuju bisa jadi tak kan sampai pada sasaran.
Tapi, tahukah Anda jika sang penemu lambang itu, justru tidak membayangkan jika huruf @ itu akan menjadi ikon penting dalam dunia teknologi internet secara keseluruhan. Adalah Ray Tomlison, seorang insinyur pendiam yang menemukan lambang tersebut. Ia bekerja pada sebuah organisasi bernama BBN. Di perusahaan itulah, pada tahun 1972, Ray berhasil menjadi orang pertama yang sukses mengirimkan email pertama antara dua mesin. Tentu, pada masa itu, Ray belum berpikir bahwa email yang diciptakannya akan menjadi salah satu penemuanpenting di dunia.
Karena itu, ia pun tak perlu bersusah-susah saat memilih pungtuasi alias tanda yang dibutuhkan sebagai kode untuk pengiriman email tersebut. Maka, Ray mengaku dirinya tak berpikir panjang untuk memilih lambang @ saat itu. ""Karena saya yang pertama [menemukan], jadi saya bisa leluasa memilih pungtuasi yang saya inginkan. Saya memilih lambang @ karena lambang ini, lumayan membantu, sebab mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju," sebut Ray dalam sebuah catatan yang ditulis Katie Hafner dan Matthew Lyon dalam bukunya: Where Wizards Stay Up Late: The Origins of the Internet.
Apapun alasan yang disebut Ray, yang jelas, lambang @ saat ini telah menjadi lambang yang sangat penting dalam dunia internet. Dan, lebih jauh dari itu, lambang itu kini bisa jadi adalah lambang yang telah mengubah peta teknologi dunia secara umumnya. Jadi, jangan anggap remeh penemuan yang Anda lakukan, bisa jadi, suatu saat kelak, apapun bentuk penemuan itu, asal berguna bagi orang lain, akan berguna juga bagi dunia.
d. Pengertian Email
(Surat Elektronik)
Email
adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat. Sebagaimana
layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu menangani jasa
pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file), termasuk
jasa e-card (kartu ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan fasilitas email,
sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim disebut email address
atau email account. Account email dapat diperoleh dari sebuah situs penyedia
fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak disediakan secara
gratis oleh situs-situs internetlokal dan internasional (tidak dibedakan
fungsinya).
Bentuk
umum sebuah alamat email adalah sebagai berikut:
· nama :
identitas alamat pemilik email (login nama atau user id).
· @ :
dibaca at (artinya di).
· situs.com : alamat situs penyedia fasilitas
email.
Kode
akhiran situs (seperti .com atau .net) menyesuaikan kategori yang dimiliki
situs penyedia fasilitas email tersebut. Sebagai contoh : yandri@telkom.net Dibaca
“e-mail si Yopi di telkom.net”(Yandri memanfaatkan layanan situs dari
telkom.net). Bisa saja seseorang dengan nama yang sama memiliki alamat e-mail
lebih dari satu, baik pada situs penyedia e-mail yang sama maupun yang
berlainan. Misalnya untuk mempermudah pengelolaan surat, dibua satu alamat
e-mail untuk surat-surat pribadi dan satu alamat e-mail untuk urusan bisnis.
Jika digunakan fasilitas e-mail dari situs yang sama, maka identitaas nama
kedua e-mail hrs dibedakan, contoh:
· anda01@telkom.net untuk urusan pribadi.
· anda02@telkom.net atau anda01@yahoo.com untuk
urusan bisnis.
Meskipun demikian, untuk
alamat e-mail pribadi, sebaiknya cukup dimiliki satu atau dua saja karena jika
terlalu banyak menjadi tidak efisien dan akan membuat repot sendiri untuk
mengingat dan mengelolanya.
e. Kelebihan
dan kekurangan email
· Kelebihan
menggunakan email :
- Cepat/sangat cepat karena hanya perlu beberapa menit .
- Mudah karena kita cukup mengetik di komputer .
- Multiple send dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus.
- Dapat mengirim file attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain.
- Kapan saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu.
- Biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia
- Cepat/sangat cepat karena hanya perlu beberapa menit .
- Mudah karena kita cukup mengetik di komputer .
- Multiple send dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus.
- Dapat mengirim file attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain.
- Kapan saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu.
- Biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia
· Kekurangan
menggunakan email :
- harus online [ connect ke internet ]
- text dan gambar only yang dapat dikirim [ tidak bisa kirim paket / barang hehehe ]
- tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas ataubelum
-harus ingat username dan password
- ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.
- harus online [ connect ke internet ]
- text dan gambar only yang dapat dikirim [ tidak bisa kirim paket / barang hehehe ]
- tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas ataubelum
-harus ingat username dan password
- ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.
f. Cara Membuat Email
Salah satu yang akan dibahas adalah cara
membuat email dengan menggunakan yahoo emailanda ketik www.mail.yahoo.com
Apabila kita telah memiliki Account silahkan masukkan username dan password
kemudian klik sign in [ masuk ]Apabila belum maka kita harus daftar terlebih
dahulu yaitu dengan klik di bagian yang bertuliskan SIGN UPSetelah diklik SIGN
UP maka akankeluar halaman pendaftaran isi seluruh field yang disediakan dan
biasanya yang bertan dan bintang * [ wajib di isi ]. Salah satu syaratisi
adalah mengerti bahasa inggris sedikit. Masukkan firstname danlastname [ nama
Anda / bukan id ] yahoo userID [username] yang unik [nama tersebut akan menjadi
alamat email Anda kelak ] masukkan password yang hanya Anda tahu dan mudah di
ingat. Isi bagian if you forget your password. Data tersebut digunakan untuk
Anda saat Anda meminta passwordkarena lupa. Kemudian dibawah akan muncul sebuah
gambar berisikan character dan angka acak [ verify your registration ]. Isikan
sesuaidengan urutan tersebut [ yahoo ingin memastikan yang daftar manusiabukan
bot. Setelah selesai klik I Agree.Demikian juga untuk mendaftar di web mail
gratis lainnya [ Sign up - isi data pribadi - I agree - lanjutkan ]Sangat mudah
bukan Selamat mendaftar5. Cara menggunakan emailDengancara menggunakan
â€browserâ€, seperti Internet Explorer atau MozillaFirefox.
Metode ini disebut sebagai web-based, artinya
kita menggunakanmedia web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh:
Yahoo! Dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam
keadaanonline. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan
olehpenyelenggara layanan email gratis.Menggunakan program pengaksessurat
elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, OutlookExpress, Mozilla
Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program sepertiini, seseorang harus
mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP.Keuntungannya adalah dapat
membaca surat elektronik tanpa perluterhubung secara terus-menerus dengan
internet dan puluhan suratelektronik dapat diterima dan dikirimkan secara
bersama-sama sekaligus.Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini
menyediakanfungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline.
Dengandemikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.Salah satu contoh yang
akan dibahas adalah Yahoo mail : Setelah Anda mendaftar yang paling
pentingadalah cara menggunakan email tersebutYang utama adalah saat Anda ingin
menggunakan email
Anda harus Login terlebih dahulu atau Sign inIsi username [ id Anda ] dan password kemudian klik sign-in.Setelah Anda sign in dan tidakberhasil maka ada text user id salah atau password salah. Apabila Andalupa dengan password Anda klik forget your ID Password. Masukkan data yang saat Anda isi pertama kali [ harus ngat waktu register Anda isiapa ]. Dan apabila berhasil maka Anda akan masuk ke halaman utamamailbox. Dalam mailbox Anda sebelah kiri terdapat inbox [ email yangmasuk ], draft [ email yang disimpan ], sent [ email yang telahterkirim ], bulk [ email yang dianggap spam oleh yahoo, hati hati untukmembuka email tersebut. Apabila tidak jelas dihapus saja jangan dibuka], dan trash [ email yang telah dihapus dan siap untuk di deletepermanent.Kliklah Inbox untuk melihatemail-email yang telah dikirim orang lain untuk Anda inbox [ 21 ]artinya ada 21 email yang belum kita baca. Dan saat masuk kedalam inboxakan tampil list email-email. Tulisan tebal
artinya kita belum pernahmembuka [ membaca ] email tersebut. Tulisan biasa artinya kita sudahpernah membacanya. Klik di bagian subject untuk melihat isi emailtersebut. Demikianlah cara membaca email.6. Cara mengirim emailSalah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail :Setelah Anda mengetahui cara mendaftar dan cara menggunakan email sekarang saatnya untuk mengirim emailKlik â€compose†untuk mengirim sebuah emailSetelah clik compose maka akan muncul windows khusus untuk mengirim emailMasukkan to : alamat email tujuan [usernameteman@yahoo.com ]Dan masukan subject : Title [perihal , kalimat pokok ]. Dan ketik isi dibagian bawahnya apa sajayang ingin disampaikan.Untuk mengirim multiple mail maka di bagian to: gunakan koma [, ] sebagai pembatas email 1 dan lainnyaUntuk mengirim file gambar / mp3 atau file lainnya klik Attachment [ Attach file ] dan masukkan file tersebut.Ingat!! Ketik surat Anda dinotepad terlebih
dahulu setelah itu copy ke bagian isi mail dan kliksend saat ingin mengirimnya. Hal ini berguna agar saat send gagal Andatidak perlu mengetik ulang. tinggal ctrl+c [ copy ] dan ctrl+v [ paste]. Dan setelah selesai semua. Jangan LUPA untuk Sign Out / Log out /Keluar !!! Agar orang lain tidak dapat membaca email Anda.
Anda harus Login terlebih dahulu atau Sign inIsi username [ id Anda ] dan password kemudian klik sign-in.Setelah Anda sign in dan tidakberhasil maka ada text user id salah atau password salah. Apabila Andalupa dengan password Anda klik forget your ID Password. Masukkan data yang saat Anda isi pertama kali [ harus ngat waktu register Anda isiapa ]. Dan apabila berhasil maka Anda akan masuk ke halaman utamamailbox. Dalam mailbox Anda sebelah kiri terdapat inbox [ email yangmasuk ], draft [ email yang disimpan ], sent [ email yang telahterkirim ], bulk [ email yang dianggap spam oleh yahoo, hati hati untukmembuka email tersebut. Apabila tidak jelas dihapus saja jangan dibuka], dan trash [ email yang telah dihapus dan siap untuk di deletepermanent.Kliklah Inbox untuk melihatemail-email yang telah dikirim orang lain untuk Anda inbox [ 21 ]artinya ada 21 email yang belum kita baca. Dan saat masuk kedalam inboxakan tampil list email-email. Tulisan tebal
artinya kita belum pernahmembuka [ membaca ] email tersebut. Tulisan biasa artinya kita sudahpernah membacanya. Klik di bagian subject untuk melihat isi emailtersebut. Demikianlah cara membaca email.6. Cara mengirim emailSalah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail :Setelah Anda mengetahui cara mendaftar dan cara menggunakan email sekarang saatnya untuk mengirim emailKlik â€compose†untuk mengirim sebuah emailSetelah clik compose maka akan muncul windows khusus untuk mengirim emailMasukkan to : alamat email tujuan [usernameteman@yahoo.com ]Dan masukan subject : Title [perihal , kalimat pokok ]. Dan ketik isi dibagian bawahnya apa sajayang ingin disampaikan.Untuk mengirim multiple mail maka di bagian to: gunakan koma [, ] sebagai pembatas email 1 dan lainnyaUntuk mengirim file gambar / mp3 atau file lainnya klik Attachment [ Attach file ] dan masukkan file tersebut.Ingat!! Ketik surat Anda dinotepad terlebih
dahulu setelah itu copy ke bagian isi mail dan kliksend saat ingin mengirimnya. Hal ini berguna agar saat send gagal Andatidak perlu mengetik ulang. tinggal ctrl+c [ copy ] dan ctrl+v [ paste]. Dan setelah selesai semua. Jangan LUPA untuk Sign Out / Log out /Keluar !!! Agar orang lain tidak dapat membaca email Anda.
g. Manfaat Email
Ditemukannya internet
sungguh-sungguh luar biasa. Kita bisa menghemat waktu, tenaga dan uang untuk
bertukar informasi dengan rekan-rekan kita di bagian belahan dunia
yangtidakbisaterjamahdenganmudah.
Bahkan dengan surat elektronik ini kita bisa menggaet teman baru sebanyak-banyaknya, karena di internet kita bisa dengan mudah menemukan profile-profile baru yang kita kehendaki.
Bagi yang sudah bertahun-tahun ?mengabdikan? diri menghadapi layar monitor menatap dunia maya, pasti tidak heran kalau dia sering menerima email-email, yang berguna dan yang tidak berguna. Yang tidak berguna contohnya email iklan, bom email, email virus, email fishing (pemancing) dll. Malah terkadang kita menerima email dari orang yang kita kenal secara bertubi-tubi, padahal yang bersangkutan belum tentu mengirim email itu. Sebelum kita membicarakan tentang seluk beluk manfaat dan madlarat email dan macam-macamnya, baik kita bicara mulai dari dasar dulu, bagaimana berkirim email secara menyenangkan.
Seperti berikirim surat lewat pos, berkirim email juga punya etika.
Berikut TOP TEN etiket dalam berkirim email :
Bahkan dengan surat elektronik ini kita bisa menggaet teman baru sebanyak-banyaknya, karena di internet kita bisa dengan mudah menemukan profile-profile baru yang kita kehendaki.
Bagi yang sudah bertahun-tahun ?mengabdikan? diri menghadapi layar monitor menatap dunia maya, pasti tidak heran kalau dia sering menerima email-email, yang berguna dan yang tidak berguna. Yang tidak berguna contohnya email iklan, bom email, email virus, email fishing (pemancing) dll. Malah terkadang kita menerima email dari orang yang kita kenal secara bertubi-tubi, padahal yang bersangkutan belum tentu mengirim email itu. Sebelum kita membicarakan tentang seluk beluk manfaat dan madlarat email dan macam-macamnya, baik kita bicara mulai dari dasar dulu, bagaimana berkirim email secara menyenangkan.
Seperti berikirim surat lewat pos, berkirim email juga punya etika.
Berikut TOP TEN etiket dalam berkirim email :
1. Hindari spam, bombing.
Spamming adalah pengiriman email secara berulang-ulang dengan topik berbeda atau sama. Orang yang menerima spam ini akan jengkel, karena bisanya isinya menawarkan informasi, produk atau jasa yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Sedang email bomb adalah pengiriman email dengan subject sama secara bertubi-tubi dengan maksud mailbox penerima cepat penuh.
Termasuk spamming adalah mengirim email terlalu sering, kecuali diminta.
Kenapa? Karena orang yang dikirimi email akan merasa jenuh. Memang kita kadang menyangka kalau orang yang kita kirimi email akan selalu merasa senang. Padahal belum tentu. Apalagi kalau isi emailnya itu-itu saja. Supaya tidak membosankan, kirimlah email lagi kalau anda sudah mendapat balasan. Tapi jangan juga terlalu lama tidak mengirim email. Teman anda bisa lupa.
2. Jangan memforward email tanpa diedit.
Seringkali kita punya berita bagus yang perlu kita teruskan/forward ke orang lain. Kalau setting si penerima masih manual, pesan yang diforward itu setiap line akan dihiasi oleh tag seperti ini: > . Usahakan tag-tag ini dibuang dulu biar email kelihatan rapi. Kalau anda orang pertama yg memforward, baru satu tag saja setiap barisnya. Tapi kalau anda yang ke 2, 3, 4 dst, maka tagnya terus bertambah. Email jadi tidak menyenangkan.
Dalam memforward ini, rule #1 juga harus digunakan yaitu, jangan terlalu sering.
3. Ganti judul email bila perlu.
Biasanya ini musti dilakukan dalam sebuah forum atau mailing list. Saking asyiknya balas-balasan, topiknya jadi bergeser. Kalau subject pembicaraan sudah bergeser, gantilah subjeknya. Tentu ini ada alasanya, selain tidak membingungkan peserta lain, pencarian/pelacakan file-file topik diskusi yang sudah lewat jadi mudah.
4. Body reply jangan dikirim semua.
Lama-lama email yang kita reply akan tertambah sizenya. Hal ini terjadi karena tiap kali kita membalas email, seluruh email yang akan kita balas kita kirimkan lagi. Untuk menghindarinya, hapuslah sebagian body email yang akan kita reply. Sisakan kalimat-kalimat yang perlu kita jawab saja.
Spamming adalah pengiriman email secara berulang-ulang dengan topik berbeda atau sama. Orang yang menerima spam ini akan jengkel, karena bisanya isinya menawarkan informasi, produk atau jasa yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Sedang email bomb adalah pengiriman email dengan subject sama secara bertubi-tubi dengan maksud mailbox penerima cepat penuh.
Termasuk spamming adalah mengirim email terlalu sering, kecuali diminta.
Kenapa? Karena orang yang dikirimi email akan merasa jenuh. Memang kita kadang menyangka kalau orang yang kita kirimi email akan selalu merasa senang. Padahal belum tentu. Apalagi kalau isi emailnya itu-itu saja. Supaya tidak membosankan, kirimlah email lagi kalau anda sudah mendapat balasan. Tapi jangan juga terlalu lama tidak mengirim email. Teman anda bisa lupa.
2. Jangan memforward email tanpa diedit.
Seringkali kita punya berita bagus yang perlu kita teruskan/forward ke orang lain. Kalau setting si penerima masih manual, pesan yang diforward itu setiap line akan dihiasi oleh tag seperti ini: > . Usahakan tag-tag ini dibuang dulu biar email kelihatan rapi. Kalau anda orang pertama yg memforward, baru satu tag saja setiap barisnya. Tapi kalau anda yang ke 2, 3, 4 dst, maka tagnya terus bertambah. Email jadi tidak menyenangkan.
Dalam memforward ini, rule #1 juga harus digunakan yaitu, jangan terlalu sering.
3. Ganti judul email bila perlu.
Biasanya ini musti dilakukan dalam sebuah forum atau mailing list. Saking asyiknya balas-balasan, topiknya jadi bergeser. Kalau subject pembicaraan sudah bergeser, gantilah subjeknya. Tentu ini ada alasanya, selain tidak membingungkan peserta lain, pencarian/pelacakan file-file topik diskusi yang sudah lewat jadi mudah.
4. Body reply jangan dikirim semua.
Lama-lama email yang kita reply akan tertambah sizenya. Hal ini terjadi karena tiap kali kita membalas email, seluruh email yang akan kita balas kita kirimkan lagi. Untuk menghindarinya, hapuslah sebagian body email yang akan kita reply. Sisakan kalimat-kalimat yang perlu kita jawab saja.
5. Jangan tanggapi email
?TBC?.
Anda mungkin pernah menerima email yang menyuruh anda untuk meneruskannya ke sejumlah orang, supaya bernasib baik. Kalau tidak diteruskan ke sekian orang, maka anda akan ketimpa sial. Email semacam ini jangan ditanggapi. Ini namanya email TBC (takhayul, bid'ah dan khurafat). Teruskan saja ke tong sampah.
6. Jaga account orang lain.
Kalau anda mereply atau berkirim email, jangan sertakan email-email yang tidak anda kenal atau anda kenal dalam heading ?To? nya. Kalau itu anda lakukan, sama saja anda memaksakan anak gadis anda berkenalan dengan lelaki yang bukan muhrimnya. Akibatnya accaount email-email orang yang muncul di email orang lain, bisa tersebar luas, dibajak, dan dispam. Kalau terpaksa mengirim email ke puluhan atau ratusan orang, gunakan header BCC (blind carbon copy), supaya alamat-alamat email yg banyak itu tidak muncul di halaman muka penerima email anda.
7. Hindari Full Caps Lock / huruf besar semua.
Supaya menarik perhatian pembaca, kadang kita menggunakan huruf besar alias capital word, yang di keyboard disebut caps lock. Menggunakan huruf besar secara full, akan mendapat image, bahwa anda sedang marah dan tidak tahu etika. Tampilan email pun jadi tidak menarik kalau penulisannya menggunakan huruf besar semua. Gunakan caps bila mana PERLU saja. Kalau tidak PERLU tidak perlu DIGUNAKAN.
Anda mungkin pernah menerima email yang menyuruh anda untuk meneruskannya ke sejumlah orang, supaya bernasib baik. Kalau tidak diteruskan ke sekian orang, maka anda akan ketimpa sial. Email semacam ini jangan ditanggapi. Ini namanya email TBC (takhayul, bid'ah dan khurafat). Teruskan saja ke tong sampah.
6. Jaga account orang lain.
Kalau anda mereply atau berkirim email, jangan sertakan email-email yang tidak anda kenal atau anda kenal dalam heading ?To? nya. Kalau itu anda lakukan, sama saja anda memaksakan anak gadis anda berkenalan dengan lelaki yang bukan muhrimnya. Akibatnya accaount email-email orang yang muncul di email orang lain, bisa tersebar luas, dibajak, dan dispam. Kalau terpaksa mengirim email ke puluhan atau ratusan orang, gunakan header BCC (blind carbon copy), supaya alamat-alamat email yg banyak itu tidak muncul di halaman muka penerima email anda.
7. Hindari Full Caps Lock / huruf besar semua.
Supaya menarik perhatian pembaca, kadang kita menggunakan huruf besar alias capital word, yang di keyboard disebut caps lock. Menggunakan huruf besar secara full, akan mendapat image, bahwa anda sedang marah dan tidak tahu etika. Tampilan email pun jadi tidak menarik kalau penulisannya menggunakan huruf besar semua. Gunakan caps bila mana PERLU saja. Kalau tidak PERLU tidak perlu DIGUNAKAN.
8. Hindari kalimat singkat
dalam mereply.
Misalkan teman anda panjang lebar menulis
email, bercerita tentang keindahan alam Mesopotamia . Lalu anda membalasnya
dengan kalimat singkat, ?oh ya?? atau ?enak ya?, ?benarkah? dan semacamnya.
Kalau belum punya konsep, mendingan tidak usah mereply emailnya. Sebab kalimat
ungkapan begitu cuma bikin gregetan dan hanya pantas diketik di chating
saja.
9. Cek ulang sebelum di “send”.
Setelah email rapi ditulis, luangkan waktu untuk mengecek ulang ejaan, susunan kalimat dan kalau perlu tata bahasanya. Sebab sekali tombol ?send? kita klik, tidak bisa dicancel atau dibatalkan. Semuanya langsung terkirim ke recipient dalam hitungan detik.
10. Bersabarlah menerima balasan.
Kalau sudah dikirim, sabarlah menanti balasannya. Sebab tidak semua orang punya akses yang mudah untuk berinternet ria. Tidak semua orang punya waktu luang membaca email-email anda.
9. Cek ulang sebelum di “send”.
Setelah email rapi ditulis, luangkan waktu untuk mengecek ulang ejaan, susunan kalimat dan kalau perlu tata bahasanya. Sebab sekali tombol ?send? kita klik, tidak bisa dicancel atau dibatalkan. Semuanya langsung terkirim ke recipient dalam hitungan detik.
10. Bersabarlah menerima balasan.
Kalau sudah dikirim, sabarlah menanti balasannya. Sebab tidak semua orang punya akses yang mudah untuk berinternet ria. Tidak semua orang punya waktu luang membaca email-email anda.
h. Jenis
Email
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwarding
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwarding
Kelebihannya :
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
i. Cara
Penerimaan Email
Ada dua jenis cara
penerimaan email, yaitu dengan POP (Post Office Protocol) ataupun dengan Web
Based Email (Email yang dapat dilihat dari website, menggunakan tekonologi IMAP
(Internet_Message_Access_Protocol). POP saat ini sudah memasuki versi 3,
sehingga lebih dikenal dengan nama POP3 (Post Office Protocol version 3).
Dengan menggunakan POP3, maka email dapat diambil dari server dan disimpan di
email client (seperti Outlook Expres, Eudora, dan The Bat), sedangkan dengan
menggunakan Web Based Email (seperti Yahoo dan Gmail), pemakai dapat membaca
email yang diterimanya dan melakukan interaksi dengan email tersebut (membaca,
menulis, membalas, menghapus, dll) secara user friendly.
Sekarang ini hampir
sebagian besar layanan email, baik yang gratis maupun yang menarik bayaran,
sudah menyediakan keduanya, POP dan web-based email. Berikut ini diberikan
tabel berupa kelebihan dan kekurangan penggunaan email berbasiskan POP maupun
Web Based Email.
(a) Contoh Web-based Email (b) Contoh
Email Client
Gambar 2. Contoh Web-Based
Email dan Email Client
Komponen
|
POP3
|
Web Based Email
|
Kemudahan dalam pengarsipan
|
Lebih mudah dalam pengarsipan, karena email
disimpan di komputer pengguna
|
Sulit diarsipkan, karena email tersimpan di
komputer server. Jika sewaktu-waktu server mengalami masalah, ada kemungkinan
email dapat hilang begitu saja.
|
Fleksibilitas
|
Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai
saja.
|
Karena berada pada server yang dapat dibuka
dari jaringan internet, maka pemakai dapat membuka email miliknya dari
sembarang tempat yang memiliki kases internet.
|
Ukuran media penyimpanan
|
Karena menggunakan komputer pribadi,
besarnya media penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung email dapat
tak terbatas (tergantung budgetpengguna)
|
Karena menggunakan komputer orang lain
(komputer server), besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas,
tergantung penyedia email tersebut.
|
Tabel 2. Perbedaan POP dengan Web Based Email
Proses Penerimaan Email
Pada penerimaan email
dengan menggunakan POP3, digunakan suatu program yang dinamakan email
client. Email client berfungsi untuk menerima email-email yang masuk ke
komputer pengguna. Beberapa contoh email client adalah Outlook Express,
Microsoft Outlook, The Bat, Eudora, dan masih banyak lagi yang lainnya.
POP3 biasanya selalu
disandingkan dengan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Fungsi dari keduanya
saling mendukung, di mana POP3 digunakan untuk mengambil email dari komputer
server ke komputer client (pengguna), dan SMTP digunakan untuk mengirimkan
email dari komputer client yang dititipkan ke pada komputer server untuk
dikirimkan ke komputer server tujuan. Perhatikan gambar di bawah ini:
Gambar 3. Email Server
Terlihat pada gambar di
atas bahwa POP3 menggunakan port 110 dan SMTP menggunakan port 25. Perbedaan
Web Based Email dengan POP3 email adalah bahwa pada Web based email tidak
diperlukan komunikasi pada port 110 dan port 25 untuk menerima dan mengirim
email, karena semuanya sudah dilakukan oleh email server.
a. SMTP Server
Perhatikan gambar di bawah
ini. Pada dasarnya email yang dikirim oleh SMTP server akan ditampung sementara
oleh komputer server untuk dikirim ke komputer server tujuan. Komputer server
pengirim dan komputer server penerima berinteraksi pada port 25 untuk melakukan
pengiriman email.

Gambar 4. SMTP Server
Logika serah-terima email
tersebut adalah sebagai berikut:
Misalnya ada pengguna dengan alamat email aku@aku.com ingin mengirimkan email ke kamu@kamu.com dari email client. Ketikaaku@aku.com mengirimkan email ke kamu@kamu.com terjadi hal-hal berikut ini:
Misalnya ada pengguna dengan alamat email aku@aku.com ingin mengirimkan email ke kamu@kamu.com dari email client. Ketikaaku@aku.com mengirimkan email ke kamu@kamu.com terjadi hal-hal berikut ini:
1. Email client melakukan komunikasi dengan aku.com
menggunakan port 25.
2. Email client berkomunikasi dengan SMTP server,
memberitahukan kepada SMTP server mengenai alamat pengirim dan penerima
sekaligus dengan isi pesan yang dikirimkan.
3. SMTP server mengambil alamat tujuan dan
membaginya menjadi dua bagian
· Bagian pertama : kamu
· Bagian kedua : kamu.com
4. SMTP server melakukan komunikasi dengan DNS
(Domain Name Server) dan meminta alamat IP dari kamu.com.
5. Setelah IP didapatkan, SMTP server aku.com
berkomunikasi dengan STMP server kamu.com menggunakan port 25, dengan cara yang
persisi sama yang dilakukan antara email client dengan SMTP server aku.com.
6. Setelah pesan masuk ke mesin server kamu.com,
pengguna kamu@kamu.comdapat
melihat pesan email, entah dengan POP3 maupun dengan IMAP.
b. POP3
Server
Hal yang terjadi pada POP3
Server sebenarnya sangatlah sederhana, yaitu hanya mengumpulkan email yang
masuk saja, dan mengirimkannya melewati port 110 ke komputer client jika client
meminta email-email tersebut. Untuk melihat maupun mengambil email dengan
menggunakan POP3 maupun web based email, diperlukan username dan password agar
tidak sembarang orang dapat melihat email tersebut.
j. MENGENAL FASILITAS E-MAIL
Beberapa
fasilitas e-mail antara lain sebagai berikut :
· Inbox
Merupakan
tempat menyimpan surat atau e-mail sebagai mana layaknya sebuah folder
penyimpanan file di dalam komputer. Inbox dapat digunakan untuk memeriksa
surat, membaca serta mengelolanya.
· Check
Mail
Merupakan
fasilitas link perintah untuk mencek surat – surat yang baru masuk atau membaca
surat – surat lama yang berada di Inbox.
· Compose
Merupakan
fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat baru yang akan
dikirim
· Folders
Merupakan
fasilitas pengarsipan bagi surat – surat, baik surat yang telah terkirim maupun
surat yang telah diterima.
· Address
Book
Merupakan
fasilitas untuk membuat yang menyimpan daftar alamat e-mail penting (misalnya
e-mail relasi dan rekan).
· Reply
Merupakan
fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat balasan
berdasarkan sebuah e-mail yang telah dibaca. Melalui fasilitas ini, tidak perlu
lagi mengetik alamat e-mail tujuan dan judul surat, cukup mengetik pesan
balasan di atas pesan yang diterima.
· Forward
Merupakan
fasilitas untuk mengirim kembali sebuah e-mail yang diterima tanpa melakukan
perubahan pada isi e-mail.
· Trash
Merupakan
tempat pembuangan sementara di e-mail yang sudah di hapus dan tidak diperlukan
lagi.
· Attachment
Merupakan
fasilitas untuk menyertakan data lampiran pada pesan e-mail yang akan dikirim (
misalnya file dokumen atau foto)
· Option/Configuration
Merupakan
fasilitas untuk mengatur account e-mail seperti mengubah data personal, memberi
tanda identitas otomatis pada bagian akhir setiap surat, memblokiran alamat
e-mail tertentu, pengubahan password dan sebagainya.
· Bulk
Mail
Merupakan
fasilitas tambahan yang disediakan situs-situs tertentu untuk menyaring dan
menyimpan scara otomatis penerimaan e-mail baru yang dianggap tidak penting
atau mengganggu seperti e-mail promosi atau sejenisnya.
· Signature
Merupakan
fasilitas pemberian tanda identitas pengirim surat otomatis yang akan selalu
disertakan pada bagian akhir setiap e-mail baru yang dikirim (dapat dibuat
melalui fasilitas option).
alqamdulilah slesai ..
BalasHapus